PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF
“ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “.
Bukan apa yang akan anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting
PRINSIP DASAR
Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah sama.
Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi its FUN LEARNING
“ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France
Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya untuk selalu terbuka karena ada sebuah kondisi awal untuk membuka diri peserta agar nyaman dan nyaman dalam menjalankan sebuah proses fasilitsi kegiatan inisiatif.
PERAN FASILITATOR
Tugasnya utamanya adalah membantu, membimbing dan mengarahkan peserta untuk mencapai sasaran dan melaksanakan konsep pendidikan dan pelatihan yang ditentukan berdasarkan kemampuan dan usaha peserta.
Fasilitator bekerja di bawah pengarahan dan pengawasan Course Director atau yang ditunjuk untuk mewakilinya. Fasilitator bertanggung jawab langsung pada kelompok peserta dengan waktu yang telah ditentukan.
Di awal Kegiatan :
Perkenalkan anda menjadi pusat perhatian untuk membuat mereka nyaman, aman dan percaya ( latar belakang anda, Helicopter View dll ).
Analisa dinamika mereka, karena anda harus menyediakan contoh perilaku yang di inginkan pada perilaku mereka selama kegiatan.
Arahan anda harus tegas dan jelas, perhatian terfokus pada kecepatan pemahaman atas apa yang yang harus dilakukan dan respon positif mereka.
Pada Pelaksanaan Kegiatan :
Fasilitator, Presenter - Safety Guidance
Kelompok maju dan berkembang, fasilitator berubah peran dari menyampaikan kegiatan menjadi pengaman rasa kenyaman dan keamanan perasaan dan pisik. Selanjutnya mereka akan memahami dan saling menjaga lingkungan kondusif di antara mereka.
Fasilitator, Supporter - Coach
Fasilitator menjadi suppoter / coach untuk memberanikan diri dan mengembangkan kemampuan mereka :
USIA
Dewasa : fasilitator lebih bebas memberikan ruang untuk mereka berproses.
Anak anak : fasilitator lebih banyak berperan untuk coaching
KESIAPAN : analisa kesiapan mereka pada hal hal keamanan lingkungan, isu keselamatan, konflik dan isu isu lainnya. Kemudian fasilitator hanya menyediakan“ rambu rambu proses dan arah pertanyaan “.
WAKTU PROGRAM
Peserta membutuhkan waktu berproses, kadang bisa cepat/malah butuh pendekatan lainnya untuk mempercepatnya.
Program yang pendek harus lebih banyak mengarahkan.
Peran fasilitasi menjadi lebih banyak ketimbang isu kepemimpinan ketika kelompok sudah dapat membangun proses di antara sesamanya.
TUJUAN PROGRAM
Rekreasi,orientasi, kegiatan membutuhkan banyak peran keterlibatan.
Team Building, harus kreatif melakukan pendekatan dan pemahaman bersama akan tujuan dan kemajuan kelompok.
Memfasilitasi kegiatan inisiatif harus berhati hati dengan :
“ mengajari mereka atau membantu proses belajarnya “.
“Berikan keleluasaan pada kelompok,untuk berproses dan lebih baik mengobservasi proses kelompok serta menyiapkan pertanyaan pertanyaan bagus yang menyadarkan mereka.
“PRINSIP DASAR FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF”
Hernawan Chups Iskandar.ST,ELP
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
“ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “.
Bukan apa yang akan anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting
PRINSIP DASAR
Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah sama.
Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi its FUN LEARNING
“ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France
Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya untuk selalu terbuka karena ada sebuah kondisi awal untuk membuka diri peserta agar nyaman dan nyaman dalam menjalankan sebuah proses fasilitsi kegiatan inisiatif.
PERAN FASILITATOR
Tugasnya utamanya adalah membantu, membimbing dan mengarahkan peserta untuk mencapai sasaran dan melaksanakan konsep pendidikan dan pelatihan yang ditentukan berdasarkan kemampuan dan usaha peserta.
Fasilitator bekerja di bawah pengarahan dan pengawasan Course Director atau yang ditunjuk untuk mewakilinya. Fasilitator bertanggung jawab langsung pada kelompok peserta dengan waktu yang telah ditentukan.
Di awal Kegiatan :
Perkenalkan anda menjadi pusat perhatian untuk membuat mereka nyaman, aman dan percaya ( latar belakang anda, Helicopter View dll ).
Analisa dinamika mereka, karena anda harus menyediakan contoh perilaku yang di inginkan pada perilaku mereka selama kegiatan.
Arahan anda harus tegas dan jelas, perhatian terfokus pada kecepatan pemahaman atas apa yang yang harus dilakukan dan respon positif mereka.
Pada Pelaksanaan Kegiatan :
Fasilitator, Presenter - Safety Guidance
Kelompok maju dan berkembang, fasilitator berubah peran dari menyampaikan kegiatan menjadi pengaman rasa kenyaman dan keamanan perasaan dan pisik. Selanjutnya mereka akan memahami dan saling menjaga lingkungan kondusif di antara mereka.
Fasilitator, Supporter - Coach
Fasilitator menjadi suppoter / coach untuk memberanikan diri dan mengembangkan kemampuan mereka :
USIA
Dewasa : fasilitator lebih bebas memberikan ruang untuk mereka berproses.
Anak anak : fasilitator lebih banyak berperan untuk coaching
KESIAPAN : analisa kesiapan mereka pada hal hal keamanan lingkungan, isu keselamatan, konflik dan isu isu lainnya. Kemudian fasilitator hanya menyediakan“ rambu rambu proses dan arah pertanyaan “.
WAKTU PROGRAM
Peserta membutuhkan waktu berproses, kadang bisa cepat/malah butuh pendekatan lainnya untuk mempercepatnya.
Program yang pendek harus lebih banyak mengarahkan.
Peran fasilitasi menjadi lebih banyak ketimbang isu kepemimpinan ketika kelompok sudah dapat membangun proses di antara sesamanya.
TUJUAN PROGRAM
Rekreasi,orientasi, kegiatan membutuhkan banyak peran keterlibatan.
Team Building, harus kreatif melakukan pendekatan dan pemahaman bersama akan tujuan dan kemajuan kelompok.
Memfasilitasi kegiatan inisiatif harus berhati hati dengan :
“ mengajari mereka atau membantu proses belajarnya “.
“Berikan keleluasaan pada kelompok,untuk berproses dan lebih baik mengobservasi proses kelompok serta menyiapkan pertanyaan pertanyaan bagus yang menyadarkan mereka.
“PRINSIP DASAR FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF”
Hernawan Chups Iskandar.ST,ELP
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Komentar