Langsung ke konten utama

ReFresh Jiwamu..ReFresh Mimpimu


ReFresh

zaman kekinian nih…takut di bilang gagap teknologi semua orang berlomba lomba melek teknologi..karena untuk sebagain orang melek teknologi adalah media pengakuan orang lain atas dirinya bin eksistensinya terakui,selfienya banyak komennya dan dalam proses eksistensi via teknologi tentunya para penggiat eksistensi kenal yang namanya REFRESH….pastilah..harus…! mau dibilang gagap teknologi..?
Menurut kamus bahasa Inggris : English → Indonesian (Kamus Landak) Definition: refresh menyegarkan English → English (WordNet) Definition: refresh refresh v 1: refresh one's memory; “I reviewed the material before the test” [syn: review, brush up] 2: make (to feel) fresh; “The cool water refreshed us” [syn: freshen] 3: become or make oneself fresh again; “She freshened up after the tennis game” [syn: freshen, refreshen, freshen up] 4: make fresh again [syn: freshen, refreshen] [ant: tire]
'Refresh' menurut Google translate 'menyegarkan' sedangkan 'reload' menurut Google translate berarti 'mengisi kembali'. Refresh dan reload sama-sama mempunyai arti 'muat ulang'. Fungsi refresh atau reload adalah memanggil kembali halaman Web atau memuat ulang halaman Web yang sedang kita buka. Ini membantu kita apabila halaman Web belum terbuka sempurna, atau terjadi kesalahan dalam memuat halaman Web tersebut. Untuk menggunakan fungsi ini, selain meng-klik tobol tersebut, kita juga bisa menekan tombol 'F5' pada keyboard . Refresh pada desktop dan dan internet mempunyai arti yang berbeda refresh pada internet untuk mengulang halaman yang kita buka tidak sempurna sedangkan refresh pada desktop Refresh desktop sebenarnya digunakan untuk memperbaharui tampilan atau memuat kembali tampilan yang ada di desktop setelah terjadi suatu perubahan. Refresh desktop tidak berfungsi untuk memperbaharui kembali kondisiRAM, dan tidak membersihkan komputer anda atau menyegarkan komputer anda. Oleh karena itu refresh desktop juga tidak menyumbangkan peningkatan performa apa pun pada kinerja komputer
REFRESH, merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh sistem operasi untuk menyegarkan kembali program yang dibuka. Fitur ini telah sangat membantu para pengguna elektronik berupa laptop dan pc. Bahkan sekarang ini refresh semakin ngetren aja. Kadang orang bahkan ada yang dimintai untuk refreshing laptopnya dan bahkan ada yang sampai ngutak atik laptopnya hanya untuk mencari tahu sendiri tempat di mana fasilitas ini berada. Bagaimana tidak jika laptop mengalami loading yang cukup lambat pada aplikasi yang di buka pasti langsung aja di refreshing laptopnya, gunanya agar aplikasi yang di buka dapat melewati masa krisis loadingnya.
Dan bukan hanya itu saja sebenarnya loading yang berlebihan dapat menimbulkan dapak yang buruk bagi perangkat input pada komputer. Bagaimana tidak ada yang refreshing laptopnya dengan level yang cukup tinggi. Dengan cara klik kanan kemudian tekan E pada keyboard secara berulang-ulang dan sangat cepat. Hal ini dapat menimbulkan proses input pada keyboard khusunya tombol E dan juga pada mouse khususnya klik kanan. Jadi jangan sampai anda ketagihan untuk refreshing laptop dengan tidak memikirkan dampak apa yang akan ditimbulkan.
Begitu juga kita sebagai manusia,ada sebuah “perangkat” yang penting yang harus kita refresh ketika perangkat itu terlalu lama atau terlalu berat terlalu..terlalu..terlaallluuuu….yang namanya “JIWA” 

Jiwa atau Jiva berasal dari bahasa sanskerta yang artinya benih kehidupan. Dalam berbagai agama dan filsafat, jiwa adalah bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang. Biasanya jiwa dipercaya mencakup pikiran dan kepribadian dan sinonim dengan roh, akal, atau awak diri.[1] Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
atau menurut kang chups jiwa adalah :
JIWA ISI DARI SEGALA HARAPAN DAN MIMPI JIWA ISI DARI SEGALA SUKA DAN DUKA JIWA ISI DARI KEHANCURAN... JIWA ISI DARI KEBAHAGIAN.... NURANI ADALAH KATA HATI NURANI ADALAH KEADAAN JIWA NURANI ADALAH PERASAAN NURANI ADALAH SEBILAH PEDANG GEJOLAK NURANI ,TAMPARAN HATI TINGKAH LAKU ENGGAN PERASAAN SAYANG BENTROK NURANI KATAKU SEIRIS LUKA ,SEGENGGAM RINDU TA TERBAYANG,JADI SANDARAN HATI,BERJALAN TA SEPADAN BENTROK NURANI KATAKU..
http://hernawanku.blogspot.com/
Tanpa kita sadari dan mungkin sebagian orang boleh saja memungkiri peranan jiwa dalam langkah dan cerita hidupnya. Ada juga yang sebagain manusia meletakan jiwa dalam sebuah posisi yang penting dalam cerita hidupnya.karena menurutnya segala segala sesuatu yang dia kerjakan tanpa jiwa tanpa makna hanya tampak luar kosong dalam.
 ”bukan gw banget kalau tanpa passion” 
 “Gw tuh kerja harus pake passion”
Ada juga sebagian manusia meletakan jiwa bukan dalam sebuah tempat yang penting menurutnya yang penting dia punya cerita hidup tanpa peduli cerita itu bermaknan yang seperti ini tidak terlalu peduli bila jiwanya rusak,sakit,terluka,tergadaikan..? 

Apaan sih passion..? lebay lu..!!! 
passion kan idealisme..? makan tuh idelisme..??? xixix 

Passion =≠≤≥Soul Hasrat =≠≤≥Jiwa 
Sebagai bahan renungan
Kita coba sedikit melihat dan sedikit lah berkaca dari perangkat computer dan mencoba sok tahu dengan kita sepadankan jiwa yang ada di tubuh kita dengan perangkat computer. Dipikir pikir sepertinya nyaris sama.Perangkat komputer punya system.sepertinya Jiwapun punya system.Singkat kata computer mengenal istilah REFRESH. 
JIWA..?
Bisakah kita berkata bahwa JIWA pun mengenal istilah REFRESH..? Kelebihan beban,overheat,bosan,jenuh,biasa biasa saja,tidak ada yang luar biasa,demotivasi,antusias yang menurun,hilang harapan,sesak,lemot,loadingnya lama bingizzz..jenuh dll biasanya yang melintas dalam jiwa kita.Hal itu bias kita jadikan hal yang positif (baik) atau bisa juga sih jadi hal yang negetif (buruk) seperti memang itu adanya
Mari kita mencoba berangkat dari hal yang positif aja deh ah..karena menurut saya enakan mikirin yang baik baik aja deh biar jiwa kita sehat dan memang hukum alam semesta mengatakan juga sih kalau kita menanam yang baik suatu saat nanti kita juga akan menuai yang baik pula..kalau menanam yang buruk tentu kita akan panen keburukan..hehe..makin sakit dong jiwa kita,makin stresss,makin sesak…ogah ahh..hehe Lagian nih kata Dr. Masaru Emoto dalam bukunya “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006) mengatakan
“air mengenali kata tidak hanya sebagai sebuah desain sederhana, tetapi air dapat memahami makna kata tersebut. Saat air sadar bahwa kata yang diperlihatkan membawa informasi yang baik maka air akan membentuk kristal. Jika kata positif yang diberikan, maka kristal yang terbentuk akan merekah luar biasa laksana bunga yang sedang mekar penuh, seakan ingin menggambarkan gerakan tangan air yang sedang mengekspresikan kenikmatannya.
Sebaliknya, jika kata-kata negative yang diberikan, maka akan menghasilkan pecahan kristal dengan ukuran yang tidak seimbang. Mungkin juga air dapat merasakan perasaan orang yang menulis kata tersebut. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jika air diberi kumpulan kata yang merupakan doa?
Bayangkan kandung air dalam tubuh kita adalah ? Kandungan air pada tubuh manusia jumlahnya jauh lebih besar bila dibanding dengan kandungan zat - zat yang lain. Kandungan air pada tubuh bayi bisa mencapai 75% - 80% yang kemudian seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, kandungan air pada manusia dewasa berkurang hingga mencapai 60% - 65% (info dari berbagi sumber) Terbayangkah hampir 60% air dalam tubuh kita..bila kita isi tubuh kita dengan hal hal yang negative seperti penilitian Dr. Masaru Emoto seperti apa beratnya tubuh kita menahan itu.
Nah tidak bisa kita pungkiri bahwa hal hal baik dan buruk pasti akan selalu hadir dalam cerita kehidupan kita. “ReFresh”lah salah satu caranya agar kita setidaknya mengetahui mana hal hal yang baik yang harus kita pertahankan atau hal hal buruk yang mengganggu yang akan kita singkirkan dan kita bisa membuat cerita hidup kita dari dua hal itu baik dan buruk Seperti dalam system computer kegunaan Refresh adalah sistem operasi untuk menyegarkan kembali program yang dibuka atau program yang belum sempurna atau program yang terhambat hal hal lain misalkan koneksi jaringannya kurang bagus Begitu pula system jiwa perlu kita “ReFresh”. ReFresh jiwa memperbaiki dan menyegarkan kembali program rencana mimpi hidup kita atau menyempurnakan kembali cerita hidup kita yang terhambat karena terkoneksi kepada hal hal negative
Ada beberapa cara untuk me”ReFresh” jiwa..diantaranya melakukan hal hal yang “saya” sukai. 
Diantaranya : 
• Melakukan kegiatan spiritual atau keagamaan 
• Berkumpul, bermain dan makan bersama keluarga 
• Melakukan hobby dan kesenangkan kita ( berolah raga dll)
 • Membaca buku 
• Travelling • Dll
Bagimana kalau jiwanya “banyak” dalam sebuah organisasi atau perkumpulan atau sebuah perusahaan “melakukan hal hal yang kita sukai secara bersama :Diantaranya : 
• Melakukan kegiatan spiritual/keagamaan secara bersama 
• Melakukan kegiatan pengembaangan diri atau training pengembangan diri secara bersama 
• Berkumpul bersama dengan seluruh anggota organisasi dan keluarganya
• Melakukan perjalanan wisata atau traveling secara bersama 
• Dll
Effektifkah “Refresh” kita..?? Mujarab ga..?? wow itu pertanyaan yang manyusss…hehe Seberapa effektifkah “Refresh” kita tergantung bagaimana kita bisa kembali menata hal hal yang kurang baik menjadi baik hal hal yang sudah baik menjadi lebih baik. Agar ke depannya kita setidakknya tidak dalam waktu dekat kita “me’Refresh” kembali jiwa kita.
terlalu sering kita “me’ReFresh” jiwa,kan kehilangan momentum hidup 
terlalu sering kita “me’ReFresh”,jiwa,kan tampak lemah jiwa. 
terlalu sering kita “me’refresh” jiwa,kan tak tampak nyata juang kita. 
Salam Kesegaran 
By Kang chups

Orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesukaran 
Orang pesimis selalu melihat kesukaran dalam setiap kesempatan 
By : Anonim














          Oleh : Hernawan Chups Iskandar.ST,CMh,CHt  .
 Experiential Learning Practitioner end Hypnotherapis Practitioners Program Managing PT.Indonesian Overland Group |travatour.com|bandungoffroad.com| bandungoutdoorgames.co.id| |0856.2298957| 7FBCB87D|hernawanku@gmail.com|

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR FASILITASI

KOMPETENSI DASAR FASILITASI Menurut Asosiasi Fasilitator Internasional (IAF)  yang di dirikan pada tahun 1993 ada 6 kompetensi atau kecakapan dasar yang perlu di kuasai seorang Fasilitator,Mereka sebut sebagai 6 kompetensi INTI Aadalah   (1) Menciptakan hubungan klien kolaboratif (2) Merencanakan proses kelompok yang sesuai; (3) Menciptakan dan mempertahankan lingkungan partisipatif; (4) Panduan kelompok untuk hasil yang tepat dan berguna; 5) Membangun dan memelihara pengetahuan profesional; (6) Model sikap profesional yang positif.  #community based development Facilitating) Menurut AELI Asosiasi Experiential Learning Indonesia sebuah asosiasi yang bergerak dalam dunia memfasilitasi kegiatan yang yang berbasis EXPERIENTIAL LEARNING/EDUCATION ada 9 kompetensi yang harus di kuasi seorang Fasilitator Experiential Learning : Merencanakan Program Kegiatan Recreasi Merencanakan Program Kegiatan Edukasi/Pembelajaran Mengatur Sumber Daya untuk Program Melaksanakan Pemanduan Re

PRINSIP DASAR DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF

PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF “ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “. Bukan apa yang akan  anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting PRINSIP DASAR Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama. Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi  its FUN LEARNING “ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya un

JENIS JENIS FASILITASI

JENIS JENIS FASILITASI Fasilitator bisnis Fasilitator bisnis bekerja dalam bisnis, dan organisasi formal lainnya, namun fasilitator juga dapat bekerja dengan berbagai kelompok dan masyarakat lain. Ini adalah prinsip fasilitasi bahwa fasilitator tidak akan memimpin kelompok tersebut menuju jawaban yang menurutnya paling baik meskipun mereka memiliki pendapat mengenai materi pelajaran. Peran fasilitator adalah memudahkan kelompok untuk mencapai jawaban, keputusan, atau penyampaiannya sendiri. Hal ini dapat dan memang menimbulkan konflik organisasi antara manajemen hierarkis dan teori dan praktik pemberdayaan. Fasilitator sering harus bernavigasi di antara keduanya, terutama jika pernyataan tegas tentang pemberdayaan tidak ditanggung oleh perilaku organisasi. Fasilitator resolusi konflik Fasilitator resolusi konflik digunakan dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi baik selama dan setelah konflik. Peran mereka adalah mendukung dialog konstruktif dan demokratis antar kelompok den