FASILITATOR IDEAL KEGIATAN INISIATIF
Sangat sesuai dengan yang di cita citakan di angan angankan atau di kehendaki
-IDEAL-
Ideal ber asal dari kata dalam bahasa yunani “IDEA” dalam bahasa indonesia dapat berarti sebuah Visi atau Kontemplasi
Atau Plato “memunjukan ide ide kekal yang setiap ide tersebut mempunya kesempurnaan jenis
Fasilitator Kegiatan Inisiatif yang ideal adalah sesorang fasilitator yang memfasiitsi kegiaatan inisitif dimana seorang fasilitator tesebut mempunya visi dan mentaati prisnisp dasar dan dan konsep dasar sebagai seorang fasilitator kegiatan inisiatif
-Hernawan Chups Iskandar-
Fasilitatror Kegiatan inisiatif yang IDEAL adalah :
Memonitor keselamatan
Berfungsi sebagi life guard dan melatih peserta sama rata.
Mengajarkan rasa pengertian dan mengelola risiko.
Menunjukkan pendapat/ penilaian yang baik.
Mengetahui batasan dalam bekerjasama dengan mereka.
Tunjukan Pengambilan keputusan yang baik dan tepat.
Mengetahui batas kemampuan diri dan peserta.
Menghubungkan kegiatan pelatihan dengan tujuan pendidikan.
Menetapkan group / kelompok dengan tepat
Berdasarkan prioritas-prioritas
Menyiapkan peserta dengan baik, melakukan prioritas untuk peserta
Memahami proses dan tujuan OB dengan cukup baik sehingga dapat menyesuaikan setiap kegiatan berdasarkan kepentingan kelompok.
Instruktor adalah pendidik vang efektif
Memiliki banyak cara ( bag tricks ) – “ panjang akal “, Mempunyai trik mengajar yang mengajar.
Menggunakan berbagai variasi cara pendekatan / metode pengajaran dalam mengajar.
Jika dibutuhkan dapat mengajar dengan cara pengalaman dengan pengalaman baru bila perlu
Menyajikan informasi secara tersusun dan berurutan dengan referensi yang tertata baik.
Dapat berkomunikasi dengan baik.
Buat lingkungan yang aman dan sehat untuk peserta belajar tentang dirinya.
Menjadi pendengar dan observer yang aktif.
Menerima dan memberi masukan yang efektif.
Perlihatkan respek diri antar sesama :
Membangun rasa saling percaya
Menunjukkan rasa saling peduli dan pengertian.
Jujur dan tidak mudah menghakimi.
Bertanggung jawab secara penuh terhadap semua idenya dan tingkah laku serta perasaannya..
Menghormati semua orang berdasarkan persamaan hak.
Menghormati setiap orang yang telah mencoba berusaha dengan sebaik baiknya
Mempunyai semangat yang tinggi, kondisi pisik yang bugar.
Berikan pemahaman terhadap sesama fasilitator.
Dapat menyampaikan semua pemikiran tersebut di atas kepada rekan kerja dan peserta didik.
Spesifik tugasnya di antaranya adalah :
Berpartisipasi dalam orientasi persiapan.
Ikut serta dalam menentukan jumlah kebutuhan peralatan.
Menjamin keselamatan seluruh peserta selama kegiatan.
Mengikuti desain program yang telah digariskan oleh Course Director.
Menghidupkan semangat belajar peserta dan kelompok serta dekat hubungannya dalam wawancara, diskusi serta berbagi pengalaman.
Berpartisipasi dalam debriefing kelompok dan evaluasi tim program.
Menunjukan prestasi yang optimal.
Hernawan Chups Iskandar.ST,ELP
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Sangat sesuai dengan yang di cita citakan di angan angankan atau di kehendaki
-IDEAL-
Ideal ber asal dari kata dalam bahasa yunani “IDEA” dalam bahasa indonesia dapat berarti sebuah Visi atau Kontemplasi
Atau Plato “memunjukan ide ide kekal yang setiap ide tersebut mempunya kesempurnaan jenis
Fasilitator Kegiatan Inisiatif yang ideal adalah sesorang fasilitator yang memfasiitsi kegiaatan inisitif dimana seorang fasilitator tesebut mempunya visi dan mentaati prisnisp dasar dan dan konsep dasar sebagai seorang fasilitator kegiatan inisiatif
-Hernawan Chups Iskandar-
Fasilitatror Kegiatan inisiatif yang IDEAL adalah :
Memonitor keselamatan
Berfungsi sebagi life guard dan melatih peserta sama rata.
Mengajarkan rasa pengertian dan mengelola risiko.
Menunjukkan pendapat/ penilaian yang baik.
Mengetahui batasan dalam bekerjasama dengan mereka.
Tunjukan Pengambilan keputusan yang baik dan tepat.
Mengetahui batas kemampuan diri dan peserta.
Menghubungkan kegiatan pelatihan dengan tujuan pendidikan.
Menetapkan group / kelompok dengan tepat
Berdasarkan prioritas-prioritas
Menyiapkan peserta dengan baik, melakukan prioritas untuk peserta
Memahami proses dan tujuan OB dengan cukup baik sehingga dapat menyesuaikan setiap kegiatan berdasarkan kepentingan kelompok.
Instruktor adalah pendidik vang efektif
Memiliki banyak cara ( bag tricks ) – “ panjang akal “, Mempunyai trik mengajar yang mengajar.
Menggunakan berbagai variasi cara pendekatan / metode pengajaran dalam mengajar.
Jika dibutuhkan dapat mengajar dengan cara pengalaman dengan pengalaman baru bila perlu
Menyajikan informasi secara tersusun dan berurutan dengan referensi yang tertata baik.
Dapat berkomunikasi dengan baik.
Buat lingkungan yang aman dan sehat untuk peserta belajar tentang dirinya.
Menjadi pendengar dan observer yang aktif.
Menerima dan memberi masukan yang efektif.
Perlihatkan respek diri antar sesama :
Membangun rasa saling percaya
Menunjukkan rasa saling peduli dan pengertian.
Jujur dan tidak mudah menghakimi.
Bertanggung jawab secara penuh terhadap semua idenya dan tingkah laku serta perasaannya..
Menghormati semua orang berdasarkan persamaan hak.
Menghormati setiap orang yang telah mencoba berusaha dengan sebaik baiknya
Mempunyai semangat yang tinggi, kondisi pisik yang bugar.
Berikan pemahaman terhadap sesama fasilitator.
Dapat menyampaikan semua pemikiran tersebut di atas kepada rekan kerja dan peserta didik.
Spesifik tugasnya di antaranya adalah :
Berpartisipasi dalam orientasi persiapan.
Ikut serta dalam menentukan jumlah kebutuhan peralatan.
Menjamin keselamatan seluruh peserta selama kegiatan.
Mengikuti desain program yang telah digariskan oleh Course Director.
Menghidupkan semangat belajar peserta dan kelompok serta dekat hubungannya dalam wawancara, diskusi serta berbagi pengalaman.
Berpartisipasi dalam debriefing kelompok dan evaluasi tim program.
Menunjukan prestasi yang optimal.
Hernawan Chups Iskandar.ST,ELP
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Komentar