Langsung ke konten utama

EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PETUALANGAN BERMAKNA


EFEKTIFITAS PENDIDIKAN PETUALANGAN YANG BERMAKNA


Metode pembelajaran yang dengan partisipasi aktifb ddengan mengolah fisik,intelektual dan emosional cara yangb paling efektif untuk bertumbuh
-Hernawan Chups Iskandar-

Karakteristik program yang berkontribusi terhadap hasil program  Ada enam kategori karakteristik program yang berkontribusi untuk mencapai hasil program Pendidikan Petualangan
LINGKUNGAN FISIK
AKTIVITAS
PROSES
KELOMPOK
STRUKTUR
PESERTA

LINGKUNGAN FISIK
Lingkungan yang tidak umum (tidak biasa buat peserta) banyak berkontribusi pada hasil program yang dialami oleh peserta pendidikan petualangan. Berada di lingkungan baru memungkinkan peserta mendapatkan perspektif baru di lingkungan yang baru untuk segera ber adaptasi dengan lingkungan barunya dan memberi mereka kebebasan untuk bereksperimen.
Lingkungan yang tidak biasa juga menciptakan tingkat kecemasan bagi peserta, sekaligus menciptakan persepsi risiko. Mengatasi tantangan yang disajikan oleh lingkungan yang tidak dikenal melalui penguasaan tugas tertentu menghasilkan manfaat positif bagi individu, seperti peningkatan harga diri.
Hasil positif ditawarkan oleh beberapa jenis lingkungan, termasuk padang gurun, padang belantara (misalnya tali), atau ruang kelas tradisional. Namun, hutan sering dianggap memberi manfaat tambahan bagi peserta, sehingga menjadi lingkungan yang optimal untuk program pendidikan petualangan.

AKTIVITAS
Kegiatan atau aktivitas di Pendidikan Petualangan, adalah kualitas kegiatan yang bertanggung jawab untuk mencapai hasil program.
Kombinasi tantangan, penguasaan, dan keberhasilan dalam kegiatan inilah yang menyebabkan pertumbuhan peserta. Tantangan harus bersifat holistik untuk memaksimalkan hasil positif. Program harus mencakup tantangan mental, emosional, dan fisik, dan mendorong penguasaan bersamaan di ketiga domain tersebut.
Tantangan juga harus meningkat secara bertahap, agar tidak membanjiri peserta sejak awal dalam program namun membiarkannya tumbuh dan berkembang. Kegiatan harus diatur dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kebutuhan peserta.
Model GRABBS (Tujuan, Kesiapan, Perlakuan, Perilaku, Tubuh, dan Tahap Pembangunan) adalah metode yang baik untuk aktivitas dan peserta yang sesuai.
Keberhasilan dalam kegiatan harus bisa dicapai. Namun, beberapa kegagalan mungkin juga bagus untuk pengembangan peserta.
Peserta program dapat belajar dari kegagalan mereka untuk meraih kesuksesan. Penentuan sasaran sangat penting untuk mencapai hasil program, baik pada tingkat individu maupun kelompok. Hal ini juga penting untuk memungkinkan peserta memiliki pilihan pribadi terkait dengan aktivitas. Filosofi petualangan "tantangan demi pilihan" memungkinkan peserta untuk memiliki otonomi terkait dengan kegiatan yang dia ikuti. Meskipun kualitas kegiatan sangat penting dalam mencapai hasil program, ada juga aktivitas khusus yang sesuai. - cocok untuk pemrograman petualangan.
 Ini termasuk kegiatan yang berkaitan dengan kepercayaan dan empati (misalnya kepercayaan jatuh), komunikasi, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, tanggung jawab sosial, dan tanggung jawab pribadi.

PROSES
 "pemilahan dan pemesanan informasi" yang memungkinkan peserta program untuk menginternalisasi makna yang diperoleh dari pengalaman pendidikan petualangan
Tiga model telah diidentifikasi oleh mana peserta memproses makna,. Dalam model "Mountains Speak for Themselves", peserta bertanggung jawab untuk merefleksikan pengalaman mereka sendiri, tanpa fasilitasi dari instruktur.
Dalam model "Outward Bound Plus", instruktur berfungsi sebagai konselor, fasilitator, dan pemimpin diskusi.
Dalam model metaforis, aktivitas secara sadar dibingkai sehingga menjadi metafora eksperiensial yang dapat diterapkan pada tantangan dalam kehidupan sehari-hari peserta.

KELOMPOK
Beberapa karakteristik kelompok juga berkontribusi terhadap pencapaian hasil program. Dari segi ukuran kelompok, kelompok kecil dari tujuh sampai lima belas individu biasanya lebih kondusif untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Timbal balik dalam kelompok juga penting. Ini mengacu pada anggota kelompok yang belajar untuk bekerja sama satu sama lain dan memanfaatkan kekuatan masing-masing individu.
Otonomi individu dan hubungan pribadi adalah aspek lain dari kelompok yang berkontribusi terhadap prestasi.

INSTRUKTUR
Aspek-aspek tertentu dari instruktur program seperti karakteristik biografi, kepribadian, dan interaksi interpersonal dapat memiliki pengaruh besar terhadap pencapaian peserta terhadap hasil program yang diinginkan
.
PESERTA
 Usia, jenis kelamin, latar belakang, dan harapan peserta program juga telah ditunjukkan terkait dengan pencapaian hasil program.





pecahkan masalah,ciptakan peluang tingkatkan kesejateran,berdayakan diri itulah alasan kenapa kita berpikir
-Hernawan Chups Iskandar-




Salam


Hernawan Chups Iskandar
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
#Praktisi Petualangan




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR FASILITASI

KOMPETENSI DASAR FASILITASI Menurut Asosiasi Fasilitator Internasional (IAF)  yang di dirikan pada tahun 1993 ada 6 kompetensi atau kecakapan dasar yang perlu di kuasai seorang Fasilitator,Mereka sebut sebagai 6 kompetensi INTI Aadalah   (1) Menciptakan hubungan klien kolaboratif (2) Merencanakan proses kelompok yang sesuai; (3) Menciptakan dan mempertahankan lingkungan partisipatif; (4) Panduan kelompok untuk hasil yang tepat dan berguna; 5) Membangun dan memelihara pengetahuan profesional; (6) Model sikap profesional yang positif.  #community based development Facilitating) Menurut AELI Asosiasi Experiential Learning Indonesia sebuah asosiasi yang bergerak dalam dunia memfasilitasi kegiatan yang yang berbasis EXPERIENTIAL LEARNING/EDUCATION ada 9 kompetensi yang harus di kuasi seorang Fasilitator Experiential Learning : Merencanakan Program Kegiatan Recreasi Merencanakan Program Kegiatan Edukasi/Pembelajaran Mengatur Sumber Daya untuk Program Melaksanakan Pemanduan Re

PRINSIP DASAR DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF

PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF “ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “. Bukan apa yang akan  anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting PRINSIP DASAR Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama. Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi  its FUN LEARNING “ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya un

JENIS JENIS FASILITASI

JENIS JENIS FASILITASI Fasilitator bisnis Fasilitator bisnis bekerja dalam bisnis, dan organisasi formal lainnya, namun fasilitator juga dapat bekerja dengan berbagai kelompok dan masyarakat lain. Ini adalah prinsip fasilitasi bahwa fasilitator tidak akan memimpin kelompok tersebut menuju jawaban yang menurutnya paling baik meskipun mereka memiliki pendapat mengenai materi pelajaran. Peran fasilitator adalah memudahkan kelompok untuk mencapai jawaban, keputusan, atau penyampaiannya sendiri. Hal ini dapat dan memang menimbulkan konflik organisasi antara manajemen hierarkis dan teori dan praktik pemberdayaan. Fasilitator sering harus bernavigasi di antara keduanya, terutama jika pernyataan tegas tentang pemberdayaan tidak ditanggung oleh perilaku organisasi. Fasilitator resolusi konflik Fasilitator resolusi konflik digunakan dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi baik selama dan setelah konflik. Peran mereka adalah mendukung dialog konstruktif dan demokratis antar kelompok den