Langsung ke konten utama

FASILITASI EDUKASI ATAU REKREASI PENDIDIKAN PETUALANGAN

FASILITASI EDUKASI ATAU REKREASI PENDIDIKAN PETUALANGAN

“kita tak bertugas untuk membuat orang lain memahami kita,tugas kita untuk dapat memahami orang lain hingga tercapai saling memahami”
-Hernawan Iskandar-
REKREASI PETUALANGAN
Sebuah wisata petualangan atau perjalanan petualangan adalah suatu kegiatan yang hasil akhirnya kita mendapatkan kepuasan tersendiri misalnya ingin mendapat sebuah suasana yang memicu adrenalin misalkan melakukan kegiatan arung jeram mendaki gunung,menyelam,terbang layang ,panjat tebing dan lainnya atau melakukan sebuah perjalan ke tempat tempat yang terpencil dan eksotik,dengan resiko tertentu.
Atau melakukan kegiatan inisatif atau bermain dengan menggunakan permainan permainan yang mewakili kegiatan petualangan itu sendiri dalam suatu proses yang lebih aman dan yangn tidak terlalu beresiko

Rekreasi
“Bila anda melakukan kegiatan dengan antusiasme yang tinggi dengan reaksi peserta yang mengagumkan dari satu games ke initiative games lainnya.”

FASILITASI/EDUKASI PENDIDIKAN PETUALANGAN
memfsilitasi suatu kegiatan pendidikan petualangan di mana kegiatanan ini menghasilkan suatu output tertentu sesuai dengan objectif kegiatan,
Kegiatan yang di rancang yang melibatkan energy fisikal,energy emosional  dan energy phisikal yang sesuai dengan objectif yang di inginkan

FASILITASI/EDUKASI
“Bila anda melakukan kegiatan dengan peserta yang mengharapkan pengalaman dari kegiatan problem solving, kompetisi, reaksi individu dan lingkungan belajar yang sulit diprediksi menjadi proses belajar yang aman”

REKREASI VS FASILITASI EDUKASI
Bedanya
DEBRIEFING

DEBRIFING
Sebuah proses berkelanjutan setelah sebuah tindakan atau sebuah pengalaman kegiatan dimana setiap anggota kelompok dalam kegiatan tersebut saling berinteraksi dan berbagi mengenai apa yang di alami,di rasakan selama kegiatan interaksi berlangsung dan berbagi bagai mana pengelaman tersebut dapat bermanfaat untuk masa masa mendatang

Dimana dalam proses atau aktifitas DEBRIEFING ada sebuah proses refleksi pengalaman pengalaman dengan mengevaluasi dan menganalisa semua pengalaman tindakan dan pengalaman berpikir,kenapa gagal kenapa berhasil kalau di ulangi dalam kegiatan berikutanya apa yang dapat di ambil dari pengalaman tadi agar tidak gagal atau agar lebih berhasil dan pengalamannya di rangkum sebagaia antisipasi atau bersiap diri menghadapi tantangan berikutnya

Kegiatan DEBRIEFING semua terlibat penuh termasuk seorang “FASILITATOR’nya untuk dapat hadir penuh me”rasakan” pengalaman apa hingga dapat memberikan pertanyaan yang memicu mereka untuk lebih menggali pengalamannya untuk di bagikan kepadaa sesama peserta



Hernawan Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalaman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR FASILITASI

KOMPETENSI DASAR FASILITASI Menurut Asosiasi Fasilitator Internasional (IAF)  yang di dirikan pada tahun 1993 ada 6 kompetensi atau kecakapan dasar yang perlu di kuasai seorang Fasilitator,Mereka sebut sebagai 6 kompetensi INTI Aadalah   (1) Menciptakan hubungan klien kolaboratif (2) Merencanakan proses kelompok yang sesuai; (3) Menciptakan dan mempertahankan lingkungan partisipatif; (4) Panduan kelompok untuk hasil yang tepat dan berguna; 5) Membangun dan memelihara pengetahuan profesional; (6) Model sikap profesional yang positif.  #community based development Facilitating) Menurut AELI Asosiasi Experiential Learning Indonesia sebuah asosiasi yang bergerak dalam dunia memfasilitasi kegiatan yang yang berbasis EXPERIENTIAL LEARNING/EDUCATION ada 9 kompetensi yang harus di kuasi seorang Fasilitator Experiential Learning : Merencanakan Program Kegiatan Recreasi Merencanakan Program Kegiatan Edukasi/Pembelajaran Mengatur Sumber Daya untuk Program Melaksanakan Pemanduan Re

PRINSIP DASAR DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF

PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF “ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “. Bukan apa yang akan  anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting PRINSIP DASAR Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama. Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi  its FUN LEARNING “ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya un

JENIS JENIS FASILITASI

JENIS JENIS FASILITASI Fasilitator bisnis Fasilitator bisnis bekerja dalam bisnis, dan organisasi formal lainnya, namun fasilitator juga dapat bekerja dengan berbagai kelompok dan masyarakat lain. Ini adalah prinsip fasilitasi bahwa fasilitator tidak akan memimpin kelompok tersebut menuju jawaban yang menurutnya paling baik meskipun mereka memiliki pendapat mengenai materi pelajaran. Peran fasilitator adalah memudahkan kelompok untuk mencapai jawaban, keputusan, atau penyampaiannya sendiri. Hal ini dapat dan memang menimbulkan konflik organisasi antara manajemen hierarkis dan teori dan praktik pemberdayaan. Fasilitator sering harus bernavigasi di antara keduanya, terutama jika pernyataan tegas tentang pemberdayaan tidak ditanggung oleh perilaku organisasi. Fasilitator resolusi konflik Fasilitator resolusi konflik digunakan dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi baik selama dan setelah konflik. Peran mereka adalah mendukung dialog konstruktif dan demokratis antar kelompok den