FASILITASI EDUKASI ATAU REKREASI PENDIDIKAN PETUALANGAN
“kita tak bertugas untuk membuat orang lain memahami kita,tugas kita untuk dapat memahami orang lain hingga tercapai saling memahami”
-Hernawan Iskandar-
REKREASI PETUALANGAN
Sebuah wisata petualangan atau perjalanan petualangan adalah suatu kegiatan yang hasil akhirnya kita mendapatkan kepuasan tersendiri misalnya ingin mendapat sebuah suasana yang memicu adrenalin misalkan melakukan kegiatan arung jeram mendaki gunung,menyelam,terbang layang ,panjat tebing dan lainnya atau melakukan sebuah perjalan ke tempat tempat yang terpencil dan eksotik,dengan resiko tertentu.
Atau melakukan kegiatan inisatif atau bermain dengan menggunakan permainan permainan yang mewakili kegiatan petualangan itu sendiri dalam suatu proses yang lebih aman dan yangn tidak terlalu beresiko
Rekreasi
“Bila anda melakukan kegiatan dengan antusiasme yang tinggi dengan reaksi peserta yang mengagumkan dari satu games ke initiative games lainnya.”
FASILITASI/EDUKASI PENDIDIKAN PETUALANGAN
memfsilitasi suatu kegiatan pendidikan petualangan di mana kegiatanan ini menghasilkan suatu output tertentu sesuai dengan objectif kegiatan,
Kegiatan yang di rancang yang melibatkan energy fisikal,energy emosional dan energy phisikal yang sesuai dengan objectif yang di inginkan
FASILITASI/EDUKASI
“Bila anda melakukan kegiatan dengan peserta yang mengharapkan pengalaman dari kegiatan problem solving, kompetisi, reaksi individu dan lingkungan belajar yang sulit diprediksi menjadi proses belajar yang aman”
REKREASI VS FASILITASI EDUKASI
Bedanya
DEBRIEFING
DEBRIFING
Sebuah proses berkelanjutan setelah sebuah tindakan atau sebuah pengalaman kegiatan dimana setiap anggota kelompok dalam kegiatan tersebut saling berinteraksi dan berbagi mengenai apa yang di alami,di rasakan selama kegiatan interaksi berlangsung dan berbagi bagai mana pengelaman tersebut dapat bermanfaat untuk masa masa mendatang
Dimana dalam proses atau aktifitas DEBRIEFING ada sebuah proses refleksi pengalaman pengalaman dengan mengevaluasi dan menganalisa semua pengalaman tindakan dan pengalaman berpikir,kenapa gagal kenapa berhasil kalau di ulangi dalam kegiatan berikutanya apa yang dapat di ambil dari pengalaman tadi agar tidak gagal atau agar lebih berhasil dan pengalamannya di rangkum sebagaia antisipasi atau bersiap diri menghadapi tantangan berikutnya
Kegiatan DEBRIEFING semua terlibat penuh termasuk seorang “FASILITATOR’nya untuk dapat hadir penuh me”rasakan” pengalaman apa hingga dapat memberikan pertanyaan yang memicu mereka untuk lebih menggali pengalamannya untuk di bagikan kepadaa sesama peserta
Hernawan Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
“kita tak bertugas untuk membuat orang lain memahami kita,tugas kita untuk dapat memahami orang lain hingga tercapai saling memahami”
-Hernawan Iskandar-
REKREASI PETUALANGAN
Sebuah wisata petualangan atau perjalanan petualangan adalah suatu kegiatan yang hasil akhirnya kita mendapatkan kepuasan tersendiri misalnya ingin mendapat sebuah suasana yang memicu adrenalin misalkan melakukan kegiatan arung jeram mendaki gunung,menyelam,terbang layang ,panjat tebing dan lainnya atau melakukan sebuah perjalan ke tempat tempat yang terpencil dan eksotik,dengan resiko tertentu.
Atau melakukan kegiatan inisatif atau bermain dengan menggunakan permainan permainan yang mewakili kegiatan petualangan itu sendiri dalam suatu proses yang lebih aman dan yangn tidak terlalu beresiko
Rekreasi
“Bila anda melakukan kegiatan dengan antusiasme yang tinggi dengan reaksi peserta yang mengagumkan dari satu games ke initiative games lainnya.”
FASILITASI/EDUKASI PENDIDIKAN PETUALANGAN
memfsilitasi suatu kegiatan pendidikan petualangan di mana kegiatanan ini menghasilkan suatu output tertentu sesuai dengan objectif kegiatan,
Kegiatan yang di rancang yang melibatkan energy fisikal,energy emosional dan energy phisikal yang sesuai dengan objectif yang di inginkan
FASILITASI/EDUKASI
“Bila anda melakukan kegiatan dengan peserta yang mengharapkan pengalaman dari kegiatan problem solving, kompetisi, reaksi individu dan lingkungan belajar yang sulit diprediksi menjadi proses belajar yang aman”
REKREASI VS FASILITASI EDUKASI
Bedanya
DEBRIEFING
DEBRIFING
Sebuah proses berkelanjutan setelah sebuah tindakan atau sebuah pengalaman kegiatan dimana setiap anggota kelompok dalam kegiatan tersebut saling berinteraksi dan berbagi mengenai apa yang di alami,di rasakan selama kegiatan interaksi berlangsung dan berbagi bagai mana pengelaman tersebut dapat bermanfaat untuk masa masa mendatang
Dimana dalam proses atau aktifitas DEBRIEFING ada sebuah proses refleksi pengalaman pengalaman dengan mengevaluasi dan menganalisa semua pengalaman tindakan dan pengalaman berpikir,kenapa gagal kenapa berhasil kalau di ulangi dalam kegiatan berikutanya apa yang dapat di ambil dari pengalaman tadi agar tidak gagal atau agar lebih berhasil dan pengalamannya di rangkum sebagaia antisipasi atau bersiap diri menghadapi tantangan berikutnya
Kegiatan DEBRIEFING semua terlibat penuh termasuk seorang “FASILITATOR’nya untuk dapat hadir penuh me”rasakan” pengalaman apa hingga dapat memberikan pertanyaan yang memicu mereka untuk lebih menggali pengalamannya untuk di bagikan kepadaa sesama peserta
Hernawan Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Komentar