Langsung ke konten utama

KATEGORI KEGIATAN PENDIDIKAN PETUALANGAN

KATEGORI KEGIATAN PENDIDIKAN PETUALANGAN
“pikiran manifestasi kata dan..kata manifestasi perbuatan dia berkembang menjadi kebiasan dan akan mengeras menjadi karakter
- Hernawan Chups Iskandar-

Banyak buku yang menjelaskan kegiatan yang dikategorikan sebagai :
kategori sekuen program, seperti Ice Breaking, Warm Ups, Energizer/     Deinhibitizer, Games, Initiative, Stunts, Ropes Course, Closing / Framing dll.

kategori Kebutuhan / Tujuan seperti Buku Business Games, Creativity Games, Customer Service Training Games, Team Building Games, Team Spirit Exercises dll.
Cara paling mudah adalah dengan mengenali kategori kegiatan berdasarkan tahapan sekuen yaitu :
Ice Breaking, Warm Ups / Energizer, Games, Initiative Activities, Variation, Stunts, Ropes Course/Rock-Wall Climbing/Camping/Rowing/Rafting dll.

Daftar di bawah ini adalah pedoman untuk pembelajaran, semakin meningkatnya kemampuan Leadership Fasilitator maka makin pandai meramu, memilih dan memasukan ke dalam sekuen. Sekaligus mampu menghadapi Trouble Shooting & Spontanitas (Bag Tricks)

KATEGORI KEGIATAN :
ICE BREAKING
WARM UPS/ENERGIZER
GAMES
INITIATIVE ACTIVITIES
HIGH ROPE AND ADVENTURE ACTIVITIES /OUTDOOR PERSUIT
VARIATION

KATEGORI : ICE BREAKING
PROFIL :
Kegiatan belum ada kontak fisik
Pengkondisian kesiapan pola pikir (Intelektual),fisikal,emosianal
SEQUEN PROGRAM : Immersion (SOCIAL PLAY)
CONTOH KEGIATAN : Perhatikan saya,,Simon Say,3M Musik or Film

KATEGORI : WARM UPS/ENERGIZER
PROFIL :
Kegiatan Sudah ada ikatan emosional.fisik dan emosional
Sebagai penyemangat atau tuning untuk kesiapan kegiatan berikutnya
SEQUEN PROGRAM : PROXIMITY AWWRENESS
CONTOH KEGIATAN :Ini apa,Obat nyamuk,Lap sit,Yurt Circle

KATEGORI : GAMES
PROFIL :
Kegiatan sudah ada ikatan emosional,fisik dan intelektual
Olah pikir fisik dan emosional
Level keterlibatan semakin besar
Minim alat
SEQUEN PROGRAM : BASIC CHALLNGESS
CONTOH KEGIATAN:Bing Bang Buzz,Body Tag 3,Keep It Up

KATEGORI : INITIATIVE ACTIVITIES
PROFIL :
Membutuhkan alat lebih banyak
Membutuhkan waktu dan persiapan lebih
Prosesnya lebih lama
Peraturan banyak
SEQUEN PROGRAM :  MEDIUM CHALLENGES
CONTOH KEGIATAN: 3 mine Field,Corporate Conection,Toxic Waste

KATEGORI : HIGH ROPE OR ADVENTURE ACTIVITIES/OUTDOOR PERSUIT
PROFIl :
Sudah matang kesiapan oleh emosionl,intelektual dan emosional
Pemahaman safety sudah semakin nesar
Keingina tantangan yang semakin besar
SEQUEN PROGRAM : ADVANCE CHALLENGES (LOW-MEDIUM,HIGH IMPACT
CONTOH KEGIATAN : Rope Course,Rafting,Camping,Rock Climbing

VARIATION
Memberikan va-riasi tambahan
Alat bantu
Peraturan
Tujuan
BatasanPergerakan

Semua sekuen  PSP.
Fokus pada Kegiatan /game – bukan pada peserta.



Salam



Hernawan Chups Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR FASILITASI

KOMPETENSI DASAR FASILITASI Menurut Asosiasi Fasilitator Internasional (IAF)  yang di dirikan pada tahun 1993 ada 6 kompetensi atau kecakapan dasar yang perlu di kuasai seorang Fasilitator,Mereka sebut sebagai 6 kompetensi INTI Aadalah   (1) Menciptakan hubungan klien kolaboratif (2) Merencanakan proses kelompok yang sesuai; (3) Menciptakan dan mempertahankan lingkungan partisipatif; (4) Panduan kelompok untuk hasil yang tepat dan berguna; 5) Membangun dan memelihara pengetahuan profesional; (6) Model sikap profesional yang positif.  #community based development Facilitating) Menurut AELI Asosiasi Experiential Learning Indonesia sebuah asosiasi yang bergerak dalam dunia memfasilitasi kegiatan yang yang berbasis EXPERIENTIAL LEARNING/EDUCATION ada 9 kompetensi yang harus di kuasi seorang Fasilitator Experiential Learning : Merencanakan Program Kegiatan Recreasi Merencanakan Program Kegiatan Edukasi/Pembelajaran Mengatur Sumber Daya untuk Program Melaksanakan Pemanduan Re

PRINSIP DASAR DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF

PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF “ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “. Bukan apa yang akan  anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting PRINSIP DASAR Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama. Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi  its FUN LEARNING “ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya un

JENIS JENIS FASILITASI

JENIS JENIS FASILITASI Fasilitator bisnis Fasilitator bisnis bekerja dalam bisnis, dan organisasi formal lainnya, namun fasilitator juga dapat bekerja dengan berbagai kelompok dan masyarakat lain. Ini adalah prinsip fasilitasi bahwa fasilitator tidak akan memimpin kelompok tersebut menuju jawaban yang menurutnya paling baik meskipun mereka memiliki pendapat mengenai materi pelajaran. Peran fasilitator adalah memudahkan kelompok untuk mencapai jawaban, keputusan, atau penyampaiannya sendiri. Hal ini dapat dan memang menimbulkan konflik organisasi antara manajemen hierarkis dan teori dan praktik pemberdayaan. Fasilitator sering harus bernavigasi di antara keduanya, terutama jika pernyataan tegas tentang pemberdayaan tidak ditanggung oleh perilaku organisasi. Fasilitator resolusi konflik Fasilitator resolusi konflik digunakan dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi baik selama dan setelah konflik. Peran mereka adalah mendukung dialog konstruktif dan demokratis antar kelompok den