LANGKAH MELAKSANAKAN KEGIATAN PENDIDIAKAN PETUALANGAN
“keberhasilan adalah sebuah proses berkesinambungan bukan sebuah kebetulan
-Hernawan Chups Iskandar-
Peran fasilitator adalah Guidance, Coaching, Supporting, Encouraging, Challenging dan Helping. Kemudian fasilitator harus pandai kapan tampil dan menarik diri tapi telah merangsang peserta untuk mencapai target / tampilan terbaik. Itulah seninya, berdasarkan latihan dan pengalaman akan tercapai momen Mastery - Kebijakan.
Langkah Langkah Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Petualangan
ASSESS - MENILAI
PLAN - MERENCANAKAN
PREPARE - MEMPERSIAPKAN
LEAD -PELAKSANAAN
EVALUATE - MENGEVALUASI
ASSESS - MENILAI
Siapa kelompoknya :
Ketertarikan, sex, usia
Ditugaskan/ dikirim / menginginkan
Apa yang ingin dicapai :
Tujuan program
Apakah sama harapan pemimpin karyawan dengan kelompok pesertanya ?
Apakah tujuannya berlebihan/berat ( kadang bukan kemampuan kita lagi ) ?
Berapa jumlah peserta :
Jumlah vs tujuan, apakah realistis ?
Lamanya Program :
Apakah waktunya mencukupi untuk kegiatan tersebut ?
Tempat :
Dikelas / diluar
Bagaimana dengan jumlah dan tempat ?
Alternatif bila cuaca buruk.
Pertimbang lain :
Apakah pernah mengikuti kegiatan sebelumnya ?
Apakah mereka mengetahui apa yang akan dilakukan ?
PLAN - MERENCANAKAN
Kita dapat memilih media yang dibutuhkan berdasarkan penilaian di atas. Memulai dengan :
Tempat kegiatan dan ketersedian areal
Jenis kegiatan untuk mentransfer proses pembelajarannya.
Skenario / sekuen kegiatan.
Membuat alternatif lain :
Bila cuaca berubah buruk
Masalah dengan profil peserta yang mendapat perhatian khusus.
Waktu dan tempat yang dibutuhkan.
Jenis & media kegiatan games, simulasi, presentasi, staf dll.
PREPARE - MEMPERSIAPKAN
Momen ini adalah saat anda harus berada dalam waktu santai. Dimana kita bisa membayangkan ilustrasi kegiatan,sehingga bisa menambahkan/mengurangi.
Contoh cek lis :
Pre Course
Original Course Plan & Actual Course Plan / Itinerary
Check Participant form and folder :
Participants Evaluation
Participants Course Evaluation
Medical Form
Deposit Things
Absenty
Drop Out Report
Accident Report
Staff Evaluation
Course Impression
Course Report
Task Staff Schedule
Binder berwarna
Check Program & Presentation Kit :
Buku Peserta & ATK
Sequences Paper of Workshop
Games List -
Lampiran :
Kategori Games dan penggunaannya
Formulir berlatih membuat program
Daftar Framing & Debrief - buku saku
Pre Test & Post Test Paper
Sertificate & Raport
Log Book
CD Outward Bound / program -
Kaos Polo program & Bandana Hijau + Kuning, Topi Polo
Photo Peserta di awal dan akhir
Script Foto dan Video program
CV Standar Participants
LEAD - PELAKSANAAN
Saat yang dinantikan yang jawabannya adalah saat berinteraksi dan memulainya. Dengan perhatian dan rasa was was / percaya diri - sebagai momentum awal harus menimbulkan kepercayaan peserta.
Contoh cek lis :
Start on the Course
Diskusikan course outline , harapan peserta, policies program, tata tertib dan peraturan.
Briefing tentang lokasi kegiatan, area kegiatan, format kegiatan, fasilitas dan emergency respon.
Kumpulkan barang barang berharga peserta untuk dikembalikan pada akhir course.
Lengkapi Rencana Kebutuhan Logistik dan koordinasikan kebutuhan dan kesiapannya.
Distribusikan buku program dan jurnal
Wawancara peserta secara individual
Pre Departure
Cek akhir Course Planning / itinerary
Jadual keberangkatan on time
Cek lokasi kegiatan sudah siap dan bersih
During the Course
Setiap kegiatan lakukan langkah langkah :
Pendahuluan
Penjelasan
Berlatih
Pelaksanaan
Briefing tentang keselamatan setiap kegiatan
Pastikan staf dan peserta on time dalam melakukan kegiatan
Untuk kegiatan Odyssey, ikuti langkah langkah berikut :
Briefing kegiatan
Outline rute dan jenis kegiatan yang akan dilakukan
Arahkan kelompok untuk memilih pemimpin
Briefing peserta akan masalah yang akan timbul dan emergency respon
Bayang bayangi kegiatan mereka tanpa interaksi instruktur secara berlebihan.
Pimpin Odyssey debriefing
EVALUATE - MENGEVALUASI
Evaluasi adalah indikasi bahwa kita memonitor apa yang telah kita lakukan :
Observasi & cek perilaku kelompok.
Analisa perilaku untuk menentukan apakah perlu dibuatkan alternatif kegiatan.
Menyediakan waktu yang cukup untuk tantangan yang sesuai dan mendiskusikannya.
Evaluasi setelah program kegiatan merupakan kondisi yang menguntungkan untuk tempat belajar sama seperti proses belajarnya peserta, bukan berpikir sebagai fasilitator / guru. Contoh :
End of the Course
Mulai dengan kesimpulan tentang peserta, penekanan pada aspek :
Behaviour,
Attitude,
Performance,
Informasi Pertinent
Course Report & Course Letter
Wawancara peserta
Debrief kelompok
Kumpulkan semua form tentang Course Impression, Staff Evaluation, Activity Rating.
Penutupan
Menyiapkan acara penutupan yang sesuai
Chit chat dengan semua peserta dan staff
After Course
Lengkapi Evaluasi Peserta
Lengkapi Course Report & Course Letter
Lakukan Evaluasi Staff
Lakukan Course Evaluation
Buat tambahan catatan tentang silabus kegiatan / program
Kembalikan barang barang berharga peserta, cek kesiapan makanan dan perlengkapan penutupan dan transportasi .
Salam
Hernawan Chups Iskandar
#praktisi Pendidikan Pengalaman
#Praktisi Pendidikan Petualangan
“keberhasilan adalah sebuah proses berkesinambungan bukan sebuah kebetulan
-Hernawan Chups Iskandar-
Peran fasilitator adalah Guidance, Coaching, Supporting, Encouraging, Challenging dan Helping. Kemudian fasilitator harus pandai kapan tampil dan menarik diri tapi telah merangsang peserta untuk mencapai target / tampilan terbaik. Itulah seninya, berdasarkan latihan dan pengalaman akan tercapai momen Mastery - Kebijakan.
Langkah Langkah Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Petualangan
ASSESS - MENILAI
PLAN - MERENCANAKAN
PREPARE - MEMPERSIAPKAN
LEAD -PELAKSANAAN
EVALUATE - MENGEVALUASI
ASSESS - MENILAI
Siapa kelompoknya :
Ketertarikan, sex, usia
Ditugaskan/ dikirim / menginginkan
Apa yang ingin dicapai :
Tujuan program
Apakah sama harapan pemimpin karyawan dengan kelompok pesertanya ?
Apakah tujuannya berlebihan/berat ( kadang bukan kemampuan kita lagi ) ?
Berapa jumlah peserta :
Jumlah vs tujuan, apakah realistis ?
Lamanya Program :
Apakah waktunya mencukupi untuk kegiatan tersebut ?
Tempat :
Dikelas / diluar
Bagaimana dengan jumlah dan tempat ?
Alternatif bila cuaca buruk.
Pertimbang lain :
Apakah pernah mengikuti kegiatan sebelumnya ?
Apakah mereka mengetahui apa yang akan dilakukan ?
PLAN - MERENCANAKAN
Kita dapat memilih media yang dibutuhkan berdasarkan penilaian di atas. Memulai dengan :
Tempat kegiatan dan ketersedian areal
Jenis kegiatan untuk mentransfer proses pembelajarannya.
Skenario / sekuen kegiatan.
Membuat alternatif lain :
Bila cuaca berubah buruk
Masalah dengan profil peserta yang mendapat perhatian khusus.
Waktu dan tempat yang dibutuhkan.
Jenis & media kegiatan games, simulasi, presentasi, staf dll.
PREPARE - MEMPERSIAPKAN
Momen ini adalah saat anda harus berada dalam waktu santai. Dimana kita bisa membayangkan ilustrasi kegiatan,sehingga bisa menambahkan/mengurangi.
Contoh cek lis :
Pre Course
Original Course Plan & Actual Course Plan / Itinerary
Check Participant form and folder :
Participants Evaluation
Participants Course Evaluation
Medical Form
Deposit Things
Absenty
Drop Out Report
Accident Report
Staff Evaluation
Course Impression
Course Report
Task Staff Schedule
Binder berwarna
Check Program & Presentation Kit :
Buku Peserta & ATK
Sequences Paper of Workshop
Games List -
Lampiran :
Kategori Games dan penggunaannya
Formulir berlatih membuat program
Daftar Framing & Debrief - buku saku
Pre Test & Post Test Paper
Sertificate & Raport
Log Book
CD Outward Bound / program -
Kaos Polo program & Bandana Hijau + Kuning, Topi Polo
Photo Peserta di awal dan akhir
Script Foto dan Video program
CV Standar Participants
LEAD - PELAKSANAAN
Saat yang dinantikan yang jawabannya adalah saat berinteraksi dan memulainya. Dengan perhatian dan rasa was was / percaya diri - sebagai momentum awal harus menimbulkan kepercayaan peserta.
Contoh cek lis :
Start on the Course
Diskusikan course outline , harapan peserta, policies program, tata tertib dan peraturan.
Briefing tentang lokasi kegiatan, area kegiatan, format kegiatan, fasilitas dan emergency respon.
Kumpulkan barang barang berharga peserta untuk dikembalikan pada akhir course.
Lengkapi Rencana Kebutuhan Logistik dan koordinasikan kebutuhan dan kesiapannya.
Distribusikan buku program dan jurnal
Wawancara peserta secara individual
Pre Departure
Cek akhir Course Planning / itinerary
Jadual keberangkatan on time
Cek lokasi kegiatan sudah siap dan bersih
During the Course
Setiap kegiatan lakukan langkah langkah :
Pendahuluan
Penjelasan
Berlatih
Pelaksanaan
Briefing tentang keselamatan setiap kegiatan
Pastikan staf dan peserta on time dalam melakukan kegiatan
Untuk kegiatan Odyssey, ikuti langkah langkah berikut :
Briefing kegiatan
Outline rute dan jenis kegiatan yang akan dilakukan
Arahkan kelompok untuk memilih pemimpin
Briefing peserta akan masalah yang akan timbul dan emergency respon
Bayang bayangi kegiatan mereka tanpa interaksi instruktur secara berlebihan.
Pimpin Odyssey debriefing
EVALUATE - MENGEVALUASI
Evaluasi adalah indikasi bahwa kita memonitor apa yang telah kita lakukan :
Observasi & cek perilaku kelompok.
Analisa perilaku untuk menentukan apakah perlu dibuatkan alternatif kegiatan.
Menyediakan waktu yang cukup untuk tantangan yang sesuai dan mendiskusikannya.
Evaluasi setelah program kegiatan merupakan kondisi yang menguntungkan untuk tempat belajar sama seperti proses belajarnya peserta, bukan berpikir sebagai fasilitator / guru. Contoh :
End of the Course
Mulai dengan kesimpulan tentang peserta, penekanan pada aspek :
Behaviour,
Attitude,
Performance,
Informasi Pertinent
Course Report & Course Letter
Wawancara peserta
Debrief kelompok
Kumpulkan semua form tentang Course Impression, Staff Evaluation, Activity Rating.
Penutupan
Menyiapkan acara penutupan yang sesuai
Chit chat dengan semua peserta dan staff
After Course
Lengkapi Evaluasi Peserta
Lengkapi Course Report & Course Letter
Lakukan Evaluasi Staff
Lakukan Course Evaluation
Buat tambahan catatan tentang silabus kegiatan / program
Kembalikan barang barang berharga peserta, cek kesiapan makanan dan perlengkapan penutupan dan transportasi .
Salam
Hernawan Chups Iskandar
#praktisi Pendidikan Pengalaman
#Praktisi Pendidikan Petualangan
Komentar