STRATEGI PEMAKNAAN PENDIDIKAN PETUALANGAN
(II)
“bisa memilik apapun sekarang ini bukan karena tak bersebab tapi sebab hasil dari pikirn dan tindakan (usaha)”
-Hernawan Chups Iskandar-
Level 5 – Advance / Final Challenge :
Pada kondisi ADVANCE CHALLNGES:sebuah kondisi di mana sudah terjadi keaslian kelompok dengan masing2 anggotanya dan masing masing anggotanya sudah sadar akan pentingnya sebuah TIM dan pada kondisi ini sudah layak di uji keungulan TIM nya.Dalam tahapan perkembanangan TIM masuk dalam kondisi yang di sebut PERFORMING dimana :
Tingkah laku yang mungkin terlihat
Penetukan peran yang jelas dan kemampuan membuat antar peran fleksibel
Kerja sama
Saling ketergantungan secara possitif
Mengalami kekuatan kelompok
Mencapai Kinerja yang konsisten dan unggul
Mencapai kepuasan anggota kelompok yang tinggi
Apa Yang Harus Di Lakukan
Kegiatan yang akan di lakukan akan mengarahkan kelompokuntuk mencapai CHARGE (keseluruhan tugas Kelompok) dan CHARTER(tujuan ,peran dan prosedur kelompok yang di sepakati)
Menghasilkan Keluaran yang di harapkan kelompok
Pertanyaan yang harus di jawab
Bagaimana kita mengetahui kalau telah berhasil
Masalah yang berlanjut jika tidak di selesaikan
Kerja tak di laksanakan
Kelompok tak menyadarimkalaun kinerja menurun
Kelompok tak sempat merayakan prsetasinya
Games atau Kegiatan Inisitif
Misal Ropes Courses, Rock Climbing, Orienteering, Raft Building, Mountain Climbing, Ekspedisi dll
Kegiatan kegiatan dengan resiko yang cukup tinggi sehingga peserta sadar akan ada sebuah resiko yang harus lebih diperhitungkan
Kegiatan yang membutuhkan perporma lebih tinggi untuk menguji rencana besarnya kelompok
Level 4 – Intermediate Challenge :
Pada kondisi INTERMEDIATE CHALLNGES:sebuah kondisi di mana sudah ada tantangan yang lebih rumit untuk mengexplorasi lebih dalam kelebihan pribadi dan kelompok Dalam tahapan perkembanangan TIM masuk dalam kondisi yang di sebut NORMING dimana
Tingkah laku yang mungkin terlihat
Negoisasi
Mengidentifikasikan tujuan bersama
Semangat membangun kelompok
Kelompok mulai bekerja sama
Anggota saling mendukung kepemimpinan
Berorientasi kepada tujuan bersama
Pengembvangan keselarasan ,rasa percaya dan respek
Apa Yang Harus Di Lakukan
Mengatasi perbedaan tentang apa yang di harapkan anggota satu sama lain dan bagimana mereka akan bekerja sama
Menegakkan aturan dasar dan menyiapkan keseluruhan tugas kelompok yang akan merinci bgimana kelompok bekerja sama
Pertanyaan yang harus di jawab
Bagaimana kita akan bekerja sama
Masalah yang berlanjut jika tidak di selesaikan
Ketidaksetujuan terhadap bagaimana akan bekerja sama
Anggota bekerja dengan tujuan saling bersilangan
Games atau Kegiatan Inisitif
Acid River, Blindfold Maze, Spider Web,
Kegiatan yang memunculkan sadar peran dalam kelolompok
Kegiatan yang membutuhkan peran serta kontribusi semua anggota kelompok
Salam
Hernawan Chups Iskandar
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
#Praktisi Pendidikan Petualangan Bermakna
(II)
“bisa memilik apapun sekarang ini bukan karena tak bersebab tapi sebab hasil dari pikirn dan tindakan (usaha)”
-Hernawan Chups Iskandar-
Level 5 – Advance / Final Challenge :
Pada kondisi ADVANCE CHALLNGES:sebuah kondisi di mana sudah terjadi keaslian kelompok dengan masing2 anggotanya dan masing masing anggotanya sudah sadar akan pentingnya sebuah TIM dan pada kondisi ini sudah layak di uji keungulan TIM nya.Dalam tahapan perkembanangan TIM masuk dalam kondisi yang di sebut PERFORMING dimana :
Tingkah laku yang mungkin terlihat
Penetukan peran yang jelas dan kemampuan membuat antar peran fleksibel
Kerja sama
Saling ketergantungan secara possitif
Mengalami kekuatan kelompok
Mencapai Kinerja yang konsisten dan unggul
Mencapai kepuasan anggota kelompok yang tinggi
Apa Yang Harus Di Lakukan
Kegiatan yang akan di lakukan akan mengarahkan kelompokuntuk mencapai CHARGE (keseluruhan tugas Kelompok) dan CHARTER(tujuan ,peran dan prosedur kelompok yang di sepakati)
Menghasilkan Keluaran yang di harapkan kelompok
Pertanyaan yang harus di jawab
Bagaimana kita mengetahui kalau telah berhasil
Masalah yang berlanjut jika tidak di selesaikan
Kerja tak di laksanakan
Kelompok tak menyadarimkalaun kinerja menurun
Kelompok tak sempat merayakan prsetasinya
Games atau Kegiatan Inisitif
Misal Ropes Courses, Rock Climbing, Orienteering, Raft Building, Mountain Climbing, Ekspedisi dll
Kegiatan kegiatan dengan resiko yang cukup tinggi sehingga peserta sadar akan ada sebuah resiko yang harus lebih diperhitungkan
Kegiatan yang membutuhkan perporma lebih tinggi untuk menguji rencana besarnya kelompok
Level 4 – Intermediate Challenge :
Pada kondisi INTERMEDIATE CHALLNGES:sebuah kondisi di mana sudah ada tantangan yang lebih rumit untuk mengexplorasi lebih dalam kelebihan pribadi dan kelompok Dalam tahapan perkembanangan TIM masuk dalam kondisi yang di sebut NORMING dimana
Tingkah laku yang mungkin terlihat
Negoisasi
Mengidentifikasikan tujuan bersama
Semangat membangun kelompok
Kelompok mulai bekerja sama
Anggota saling mendukung kepemimpinan
Berorientasi kepada tujuan bersama
Pengembvangan keselarasan ,rasa percaya dan respek
Apa Yang Harus Di Lakukan
Mengatasi perbedaan tentang apa yang di harapkan anggota satu sama lain dan bagimana mereka akan bekerja sama
Menegakkan aturan dasar dan menyiapkan keseluruhan tugas kelompok yang akan merinci bgimana kelompok bekerja sama
Pertanyaan yang harus di jawab
Bagaimana kita akan bekerja sama
Masalah yang berlanjut jika tidak di selesaikan
Ketidaksetujuan terhadap bagaimana akan bekerja sama
Anggota bekerja dengan tujuan saling bersilangan
Games atau Kegiatan Inisitif
Acid River, Blindfold Maze, Spider Web,
Kegiatan yang memunculkan sadar peran dalam kelolompok
Kegiatan yang membutuhkan peran serta kontribusi semua anggota kelompok
Salam
Hernawan Chups Iskandar
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
#Praktisi Pendidikan Petualangan Bermakna
Komentar