TIPS & STRATEGI #1
Memulai Kegiatan / Program PENDIDIKAN PETUALANGAN
“LISTEN - SILENT sama bukan kumpulan huruf hurufnya,,saat diri ini mendengarkan dengan hadir utuh,penuh perhatian,tak hanya” KATA” tapi “RASA” pun kita tangkap dengan penuh tak sebagian “ -Hernawan Iskandar
BERBINCANG BINCXANG DENGAN PESERTA
Bergabunglah dengan peserta pada kedatangan awal hingga kegiatan akan dimulai. Lakukan pembicaraan yang umum dan bukan hal hal yang bersifat menasehati / tentang program.
Hal yang menarik bagi mereka bukan untuk fasilitator, misal – tentang film, wisata kuliner, perjalanan, pemandangan hingga pengalaman menarik / lucu.
CERITA PENGALAMAN KEGIATAN
Bila mengarah pada isue kegiatan maka ceritakan pengalaman yang membuat mereka menganggap ini bagian dari kehidupan bukan untuk menaikan derajat fasilitator.
CASUAL COMPETENCE
Jangan menarik perhatian peserta kepada fasilitator. Berikan pelayanan / hubungan “ Customer Relation “.
HUMOR
Inisatif bercerita hal hal lucu yang layak diceritakan - membuat para peserta tertawa.
CUKUP DAN TIDAK BERLEBIHAN
Mulai kegiatan dengan jenis kegiatan yang membuat cukup menarik dan tertawa hingga peserta merasa nyaman. Serta menghilangkan kekhawatiran akan tantangan kegiatan selanjutnya.
FASILITASI BUKAN MENGAJARI
Berikan waktu fasilitator untuk menarik diri dari “ keterlibatan “ dengan kegiatan peserta untuk mengobservasi dinamikanya. Apakah muncul dan terjadi hal - hal yang membuat peserta kesal, frustasi, cape dll. Tugas berikutnya adalah memfasilitasi proses pembelajaran bukan mengamankan mereka.
PROSES
Lakukan debrief sebagai “ terjemahan “ akan nilai nilai pembelajaran. Bila tidak maka kegiatan / program akan hambar.
SEDERHANA
Adventure Based Learning Process ( ABLP ) adalah prose belajar yang sederhana. Dorong dan dukung peserta untuk berkomunikasi, bekerjasama, saling percaya, tantangan dan kegembiraan ( 4 Elemen Sukses Program ). Ajak mereka untuk memegang Komitmen Nilai Nilai Belajar.
PARTISIPASI
Bergabunglah dalam kegiatan, khususnya di awal kegiatan. Sebagai contoh terhadap antusiasme, kekonyolan, kerjasama, mendengarkan, coaching, dukungan. Hal ini akan meringankan pekerjaan berikutnya – karena sudah terjalin ikatan / hubungan emosional yang dekat.
JADILAH BIANG FUN
Berikan FUN dan kesenangan ke dalam pengalaman kegiatan. Mereka akan senang dan bangga terhadap apa yang dilakukan sebelum mereka tahu makna pembelajaran yang dihadapi mereka. Sampaikan kata penyemangat “
Hari ini kita akan mengalami hal yang terburuk – yaitu akan FUN habis. Hal terbaiknya adalah FUN dan mendapatkan pembelajaran sesuatu yang berharga.
Salam
Hernawan Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Memulai Kegiatan / Program PENDIDIKAN PETUALANGAN
“LISTEN - SILENT sama bukan kumpulan huruf hurufnya,,saat diri ini mendengarkan dengan hadir utuh,penuh perhatian,tak hanya” KATA” tapi “RASA” pun kita tangkap dengan penuh tak sebagian “ -Hernawan Iskandar
BERBINCANG BINCXANG DENGAN PESERTA
Bergabunglah dengan peserta pada kedatangan awal hingga kegiatan akan dimulai. Lakukan pembicaraan yang umum dan bukan hal hal yang bersifat menasehati / tentang program.
Hal yang menarik bagi mereka bukan untuk fasilitator, misal – tentang film, wisata kuliner, perjalanan, pemandangan hingga pengalaman menarik / lucu.
CERITA PENGALAMAN KEGIATAN
Bila mengarah pada isue kegiatan maka ceritakan pengalaman yang membuat mereka menganggap ini bagian dari kehidupan bukan untuk menaikan derajat fasilitator.
CASUAL COMPETENCE
Jangan menarik perhatian peserta kepada fasilitator. Berikan pelayanan / hubungan “ Customer Relation “.
HUMOR
Inisatif bercerita hal hal lucu yang layak diceritakan - membuat para peserta tertawa.
CUKUP DAN TIDAK BERLEBIHAN
Mulai kegiatan dengan jenis kegiatan yang membuat cukup menarik dan tertawa hingga peserta merasa nyaman. Serta menghilangkan kekhawatiran akan tantangan kegiatan selanjutnya.
FASILITASI BUKAN MENGAJARI
Berikan waktu fasilitator untuk menarik diri dari “ keterlibatan “ dengan kegiatan peserta untuk mengobservasi dinamikanya. Apakah muncul dan terjadi hal - hal yang membuat peserta kesal, frustasi, cape dll. Tugas berikutnya adalah memfasilitasi proses pembelajaran bukan mengamankan mereka.
PROSES
Lakukan debrief sebagai “ terjemahan “ akan nilai nilai pembelajaran. Bila tidak maka kegiatan / program akan hambar.
SEDERHANA
Adventure Based Learning Process ( ABLP ) adalah prose belajar yang sederhana. Dorong dan dukung peserta untuk berkomunikasi, bekerjasama, saling percaya, tantangan dan kegembiraan ( 4 Elemen Sukses Program ). Ajak mereka untuk memegang Komitmen Nilai Nilai Belajar.
PARTISIPASI
Bergabunglah dalam kegiatan, khususnya di awal kegiatan. Sebagai contoh terhadap antusiasme, kekonyolan, kerjasama, mendengarkan, coaching, dukungan. Hal ini akan meringankan pekerjaan berikutnya – karena sudah terjalin ikatan / hubungan emosional yang dekat.
JADILAH BIANG FUN
Berikan FUN dan kesenangan ke dalam pengalaman kegiatan. Mereka akan senang dan bangga terhadap apa yang dilakukan sebelum mereka tahu makna pembelajaran yang dihadapi mereka. Sampaikan kata penyemangat “
Hari ini kita akan mengalami hal yang terburuk – yaitu akan FUN habis. Hal terbaiknya adalah FUN dan mendapatkan pembelajaran sesuatu yang berharga.
Salam
Hernawan Iskandar
#Praktisi Pendidikan Petualangan
#Praktisi Pendidikan Pengalaman
Komentar