Langsung ke konten utama

Facilitating Skill For Initiative Activities NLP Based

FASILITATOR MAKNA 
Memfasilitasi dengan hati


“ apa yang kita pelajari setelah kita mengetahuinya adalah lebih penting“
- Earl Weaver, ex manager of The Baltimore Orioles.

A facilitator  is someone who enggages in the activity of facilitation,They help a group or people understand their common objectives and assist them to plan how to achieve these objectif
-wikipedia-

Memahami arti fasilitator di atas bermakna seseorang yang dimana melakukan seuatu aktifitas yang mengikutsertakan “partisipasi aktif” pesertanya yang membantu kelompok atau perorangan untuk memahami suatu tujuan dan membantu membuat suatu perencanaan untuk mencapai suatu tujuan kelompok atau perorangan

Dalam prakteknya seorang fasilitator seorang yang netral memposisikan diri dalam posisi sejajar dan sama dengan peserta,seorang fasilitator tidak mengambil posisi bagian dari sebuah kelompok diskusi,Seorang fasilitator akan berusaha membantu kelompok untuk mencapai suatu tujuan awa (outcome) yang sudah di sepakati sebelum kegiatan memfasitasi berlangsung di mana hasil akhir di harapkan melahirkan pemahaman,ide kreatif dan melakukan aksi aksi yang signifikan berdasarkan objective awal untuk bergerak ke arah masa depan

Seorang fasilitator melakukan suatu proses seperti seorang bidan yang berusaha membantu seorang ibu yaang sedang melahirkan,tidak niat untuk melahirkan dan tidak bertindak untuk melahirkan dia hanya membantu melahirkan seorang bayi -Ays Raju Mandhyan The Chapter Chairman if the International Association of the Philipines

Beberapa definisi fasilitator menurut para ahli

“Seseorang yang memungkinkan kelompok dan organisasi bekerja lebih efektif; untuk berkolaborasi dan mencapai sinergi. Dia adalah  'konten netral' yang tidak memihak atau mengekspresikan atau menganjurkan suatu pandangan selama pertemuan tersebut, dapat menganjurkan prosedur yang adil, terbuka, dan inklusif untuk menyelesaikan pekerjaan kelompok tersebut”- DOYLE(2)


"Seseorang yang berkontribusi pada struktur dan proses interaksi sehingga kelompok dapat berfungsi secara efektif dan membuat keputusan berkualitas tinggi. membantu  yang tujuannya adalah untuk mendukung orang lain saat mereka mengejar tujuan mereka." - Bens, p.viii.[3]

"Tugas fasilitator adalah mendukung setiap orang untuk melakukan pemikiran dan praktik terbaik mereka. Untuk melakukan ini, fasilitator mendorong partisipasi penuh, mendorong saling pengertian dan menumbuhkan tanggung jawab bersama. Dengan mendukung setiap orang untuk melakukan pemikiran terbaik mereka, seorang fasilitator memungkinkan anggota kelompok untuk mencari untuk solusi inklusif dan membangun kesepakatan berkelanjutan "- Kaner [4]

"Fasilitator adalah pemimpin tugas konten-netral yang membentuk sekelompok orang menjadi tim kolaboratif, mendukung konsensus dan menggunakan serangkaian proses untuk memungkinkan kelompok menyelesaikan tugas mereka. Fasilitator bertanggung jawab atas konteksnya." - Rush [5]

"Pemimpin rapat atau lokakarya yang menciptakan lingkungan di mana setiap peserta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berprestasi." - Metz [6]


“ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “.

Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama  - the theory of experiential education by karen warren


Penulis

Hernawan Iskandar.ST,ELP










Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR FASILITASI

KOMPETENSI DASAR FASILITASI Menurut Asosiasi Fasilitator Internasional (IAF)  yang di dirikan pada tahun 1993 ada 6 kompetensi atau kecakapan dasar yang perlu di kuasai seorang Fasilitator,Mereka sebut sebagai 6 kompetensi INTI Aadalah   (1) Menciptakan hubungan klien kolaboratif (2) Merencanakan proses kelompok yang sesuai; (3) Menciptakan dan mempertahankan lingkungan partisipatif; (4) Panduan kelompok untuk hasil yang tepat dan berguna; 5) Membangun dan memelihara pengetahuan profesional; (6) Model sikap profesional yang positif.  #community based development Facilitating) Menurut AELI Asosiasi Experiential Learning Indonesia sebuah asosiasi yang bergerak dalam dunia memfasilitasi kegiatan yang yang berbasis EXPERIENTIAL LEARNING/EDUCATION ada 9 kompetensi yang harus di kuasi seorang Fasilitator Experiential Learning : Merencanakan Program Kegiatan Recreasi Merencanakan Program Kegiatan Edukasi/Pembelajaran Mengatur Sumber Daya untuk Program Melaksanakan Pemanduan Re

PRINSIP DASAR DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF

PRINSIP DAN PERAN FASILITATOR KEGIATAN INISIATIF “ It’s not what you play is important, but it’s how you play it “. Bukan apa yang akan  anda mainkan itu penting,tapi bagaimana anda memainkannya itu lebih penting PRINSIP DASAR Fasilitator membawa peserta keluar dari kerangka pemikiran lama, mencoba hal hal baru dan berbeda. Fasilitator menggunakan cara cara pendekatan yang berbeda, walau secara teoritis dan ketrampilan fasilitator adalah  sama. Karena Fasilitator Kegiatan Inisiatif adalah fasilitator yang tidak menyiapkan semua jawaban,peserta belajar dengan dirinya sendiri dengan sesama peserta serta dengan lingkungan dimana merekaberaktifitas dan dalam kegiatan inisiatif selalu berisi kegiatan kegiatan reaksi spontanitas dan tidak terprediksi  its FUN LEARNING “ Jangan coba puaskan mereka dengan pikiran pikiran bagus tapi cukup saja dengan memancing mereka untuk berpikir kreatif ” . Anatole France Seorang fasilitator kegiatan inisiatif selalu membuka hati dan pikirannya un

JENIS JENIS FASILITASI

JENIS JENIS FASILITASI Fasilitator bisnis Fasilitator bisnis bekerja dalam bisnis, dan organisasi formal lainnya, namun fasilitator juga dapat bekerja dengan berbagai kelompok dan masyarakat lain. Ini adalah prinsip fasilitasi bahwa fasilitator tidak akan memimpin kelompok tersebut menuju jawaban yang menurutnya paling baik meskipun mereka memiliki pendapat mengenai materi pelajaran. Peran fasilitator adalah memudahkan kelompok untuk mencapai jawaban, keputusan, atau penyampaiannya sendiri. Hal ini dapat dan memang menimbulkan konflik organisasi antara manajemen hierarkis dan teori dan praktik pemberdayaan. Fasilitator sering harus bernavigasi di antara keduanya, terutama jika pernyataan tegas tentang pemberdayaan tidak ditanggung oleh perilaku organisasi. Fasilitator resolusi konflik Fasilitator resolusi konflik digunakan dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi baik selama dan setelah konflik. Peran mereka adalah mendukung dialog konstruktif dan demokratis antar kelompok den